Apa yang ada di fikiran para arsitek yang merancang desain halte busway di Jakarta? Inspirasi macam apa yang ada di benak mereka? Apakah mereka melihat Kota Jakarta dari kacamata warga yang takut akan tingginya angka kriminalitas  sehingga desain halte mirip jeruji penjara.

Kalau sobat mau mencermati desain halte busway, lihat besi-besi yang banyak banget, tak ubahnya mirip jeruji penjara. Besi-besi silinder dengan berbagai ukuran itu juga mengingatkan kita bentuk jembatan penyeberangan tempo doeloe hanya dengan sedikit modifikasi.

Kritik saya mengenai halte busway Jakarta berkenaan dengan:

1. masalah estetika: bentuk halte yang didominasi besi-besi kolom memberi kesan padat dan memberi kesan jalan yang tertutup oleh halte tersebut. Desain ini merusak pemandangan kota. Lihat saja perbandingan halte busway dengan gedung-gedung kaca di kanan kiri jalan protokol, sebut saja misalnya jalan sudirman-thamrin, pendeknya bentuk halte ini tidak selaras dengan indahnya gedung-gedung kaca di kanan kirinya.. (Nggak matching…)

2. Penggunaan ruang: Koridor jalan kaki menuju busway juga sangat panjang dan bebelit-belit, memang sih desain koridor yang panjang itu tangga mengurangi beban naik turun tangga, tetapi apakah mereka pernah berfikir kalau desain seperti itu juga boros ruangan.

3. Image: desain semacam itu jauh dari kesan modern. Trend arsitektur modern sekarang ini bercorak minimalis, dengan meninggalkan kesan berat dan besar tanpa mengurangi kekuatan konstruksi. Desain halte ini tak ubahnya desain tempo doeloe.

4. kenyamanan: desain seperti itu memberi kesan kurang nyaman di mata pengguna busway. memang sih kalau dibanding halte angkutan umum biasa, halte busway Jakarta pastinya lebih baik, namun jika kita mencoba menengok halte bus di kota lain, semisal di Brisbane, jelas kalah jauh. Satu hal lagi mengenai atap kanopi yang bentuknya seolah-olah ala kadarnya, juga lantai halte yang mirip lantai bus metromini kurang apik.

Sebagai perbandingan antara halte busway di Brisbane dan di Jakarta  coba lihat pics di berikut ini:

dalen_flickr.jpg

Halte busway di Brisbane, halte ini khusus untuk busway, di beberapa koridor misalnya di east Brisbane dan yang ke arah Mater Hospital, jalur busway tidak menyatu dengan jalan umum, setiap halte diolengkapi dengan peta dan jalur dan jadwal pemberangkatan bis. Bus datang tepat waktu dan yang enaknya lagi, tiket bus terintegrasi dengan angkutan umum yang lain.:Pics by Dale.N at flickr

dalziel_86.jpg
koridor jembatan penyeberangan busway di Brisbane, fasilitas seperti ini sangat nyaman, lampu penerangannya cukup bagus, dan di kanan kirinya tertutup kaca. petunjuknya juga jelas dan bisa dibaca dengan mudah. pics by:Dalziel_86 at flickr

trent_thomson_flickr.jpg

Lift jembatan penyeberangan Busway Brisbane ini membantu sekali, kalau sedang lelah setelah jalan, lift membantu kita naik ke atas jembatan penyeberangan. Fasilitas ini juga nyaman bagi para disable.  pics by:Trent_Thomson at Flickr

basibanget_flickr.jpg

Halte busway Jakarta mirip sangkar besi, kolom-kolom besi sangat  mendominasi, lihat jug lantainya dari plat besi yang mirip lantai metromini :pics by Basibangetat flickr

greenboxhouse_fickr.jpg

Halte bus jakarta, besi-besi kolom itu menutup ruangan dan memberi kesan ramai dan sempit: by Greenboxhouse at flickr

About these ads