Wah keren ya….. bisa kuliah di luar negeri? Tunggu dulu sobat…. Memangnya kuliahnya dimana?

Kuliah di luar negeri tentunya dambaan menjadi bagi kita semua. Tak terkecuali jika bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi di Australia. Namun, apakah jika kuliah di perguruan tinggi di Australia terus bisa dibilang keren? Jawabnya nggak juga. Pandangan secara umum bahwa semua universitas di Australia bermutu bagus tidak benar. Diantara puluhan perguruan tinggi di Australia hanya beberapa yang memiliki kualitas yang yahuud.

Kalau dilihat dari fasilitas di kampus, rata-rata memang mereka jauh lebih maju daripada perguruan tinggi di Indonesia. Sebut saja misalnya fasilitas IT, perpustakaan dan prasarana kuliah, mereka dua tiga langkah lebih maju daripada Indonesia. Namun kita tentunya nggak mau yang biasa-biasa khan. Sekalian kalau mau kuliah di luar negeri kita pastinya juga harus mempertimbangkan kualitas universitasnya.

Mengidentifikasi baik buruknya universitas mudah…..lihat saja dari saringan masuknya. Persis sama dengan yang ada di tanah air. Jika mereka mempersyaratkan nilai bahasa (IELTS) dan Indeks Prestasi yang tinggi maka bisa dijamin universitas tersebut mutunya bagus. Jika kita ingin yang terbaik maka mending sekalian basah saja…… maksudnya kita harus konsekwen dengan proses akademis secara ketat dan menuntut kita untuk bekerja extra keras. Namun kita juga harus secara spesifik lagi karena beberapa perguruan tinggi sangat kuat dalam beberapa program studinya, sebut saja misalnya untuk jurusan Economic dan studi Asia Pacific di ANU, Engineering di UNSW, Kedokteran di Melbourne dan UQ, Jurusan law di Melbourne, Agriculture di UQ, dan Bisnis di Monash.

Seperti layaknya di tanah air, selain ada universitas yang bagus ada juga perguruan tinggi di sini yang menerima semua lulusan siswa dari sekolah menengah tanpa embel-embel apapun. Perguruan tinggi ini bisa kita masukin meski nilai IELTS kita maupun IP kita kurang bagus, asalkan kita mampu bayar. Untuk universitas yang bagus biasanya mensyaratkan standar masuk yang lebih tinggi. Oleh karenanya para lulusan terbaik dari sekolah menengah masuknya ke perguruan-perguruan tinggi ini.

Sekedar untuk pengetahuan kita bersama bahwa perguruan tinggi di Australia yang terkemuka dan memiliki kualitas bagus itu kebetulan tergabung dalam group eight (G8), Suatu istilah yang pada mulanya untuk menyebut group lobby berupa networknya para rektor (vice-chancellor) di beberapa perguruan tinggi pada tahun 1994. Istilah ini kemudian melembaga pada tahun 1999.

Nah, biasanya perguruan tinggi yang tergabung dalam G8 inilah yang biasa dapat funding research dari pemerintah maupun lembaga-lembaga donor lainnya. Oleh karena itu wajar saja jika perguruan tinggi di G8 ini memiliki fasilitas research yang luar biasa canggih.

Uniknya G8 sealu identik dengan sandstone, kecuali ANU, UNSW dan Monash. Sandstone adalah jenis dinding dari batu pasir berwarna putih dan semi brown yang biasa menghiasi bangunan kampus.

Daftar G8 berdasarkan ranking di Australia tahun 2007 (plus tahun berdirinya):

Australian National University, 1946

University of Melbourne, 1853

University of Sydney, 1850

University of Queensland, 1909

University of New South Wales, 1949

Monash University, 1958

University of Western Australia, 1911

University of Adelaide, 1874

So bagi yang mau kuliah di luar negeri, pertimbangkan masak-masak daftar di atas. Kalau mau perguruan tinggi yang berkualitas dan anda merasa mampu dari segi akademik dan sanggup menjalani proses yang ketat di dalam maka nggak ada salahnya memilih satu dari delapan di daftar di atas. Keuntungannya yang pasti adalah kita akan direcognize oleh calon employer karena kita kuliah di tempat yang bergengsi tinggi.

About these ads