Biological Science Library – UQ BSL Library

Ciamik, begitu kata pertama yang keuar dari mulut bejo yang ndeso…… Seumur-umur nggak pernah dia melihat library ini di negerinya, apalagi di kampungnya yang betul-betul ndeso. Di jakarta saja nggak ada library kayak gini apa lagi di kampung. Ketika pertama kali msuk ke libary ini, hawa dingin langsung marasuk ke dalam tubuhnya (bukan dari kawa setan tapi dari hawa ac yang begitu dingin dan segar). Semuanya ciamikmulai dari gedungnya yang megah, fasilitanya yang oke, koleksi bukunya sampai pada pelayanannya betul-betul luar biasa. Pokoke tob markotop. Ketika masuk langsung terbersit keinginan si Bejo untuk menulis… ini dia tulisannya:


Library ini adalah yang paling gress, sebetulnya sih sudah ada sejak 30 tahun lalu namun baru saja dirombak total. Awalnya Library ini berisi kumpulan berbagai koleksi interdepartemental yaitu dari biologi, kedokteran hewan. Library ini dulu didesain oleh Robin Gibson pada akhir 1970-an. Gedung yang bernomor 94 semula selalu luput dari perhatian para students karena fisik gedungnya yang sudah tua akses ke sana juga nggak nyaman. Library ini berlokasi di UQ kampus St Lucia bersebelahan dengan Mitchie Building dan dihubungkan dengan pedestrian ke James dan Emelia Mayne Centre.

Bangunan berlantai empat itu setelah dirombak/direfurbish dengan menghabiskan dana 13,5 juta dollar berubah secara total 100%. Dari depan tampak biasa karena bagian depan gedung dipertahankan sesuai aslinya. Begitu kita masuk ke dalamnya lalu menjenguk sisi belakangnya wah……. betul betul mewah. Puluhan komputer yang siap akses tersedia di setiap ruangan. Akses internetpun dijamin tidak lambat. Dari sisi belakang yang terlihat adalah gedung kaca , kita juga bisa melihat gedung forgan smith yang dikelilingi taman-taman yang indah.

BSL library memiliki beragam koleksi dari bidang ilmu agriculture, anatomy, biochemistry, botany, entomology, environmental science, teknologi pangan, kedokteran, occupational therapy, physiotherapy, parasitologi, farmakologi, physiologi, pharmacy, soil sciences, speech pathology dan audiologi. So bagi teman-teman yang bidang ilmunya seperti diatas langsung aja ke BSL ya…

Memang mungkin sudah menjadi standar di Australia ya, semua komputer yang ada di library dihubungkan ke jaringan intraner UQ dan juga dapat kita gunakan untuk akses internet. Yang unik dan memberi kesan teduh adalah Interior ruangan didominasi oleh warna hijau. Beberapa furnitur seperti sofa dan kursi-kusi danati juga berwarna hijau. Dengan bermodalkan username dan password kita dapat menggunakan semua komputer di library gratiss tiss.

Kalau mau menghitung jumlah koleksiannya nggak kebayang dech ada 92.700 buku, 69.300 volume jurnal, 1000 current journal dan 550 video. Melalui library ini kita juga dapat melakukan pemesanan buku untuk dipinjam ke 14 jaringan library UQ yang lain.

Mari kita lihat apa saja yang ada di dalamnya:


Lantai pertama:

High Use area alias ruang penyimpanan buku yang hanya dapat dipinjam dalam waktu singkat, so kebanyakan students baca di tempat lalu fotocopy bagian yang penting.

Auto loan machine: kalau mau pinjam buku tinggal gesek aja kartu mahasiswa di mesin ini, tempatkan buku di atas papan scan lalu keluar dech receipnya, cukup mudah bukan, nggak usah susah-susah berhubungan dengan librarian.

Parenting room: kalau bawa bayi, mau ganti popok, mau bikin susu peralatannya ada dech di sini. Ruangan ini khusus disediakan untuk students ataupun staff yang punya babies.

Print reference collection: koleksi referensi dalam versi cetak tersedia di sini.

Projection Display Area: Ruang khusus yang berisi projektor dimana kalau ada seminar kecial atau group meeting dapat dilakukan di sini. Peralatannya sungguh-sungguh canggih.

Darwins café: kalau lelah baca lalu pengin refreshment langsung saja menuju café di bagian belakang library yang dihubungkan pintu kaca otomatis. Tentu saja café ini masih ada di lantai satu, ada ruangan terbuka dan ada juga yang tertutup, pokoknya asyik dech karena kita juga dapat menikmati angin sepoi-sepoi….

 

 

 

Lantai kedua:

Casual seating: tempat duduk yang empuk, berada di tengah-tengah di antara komputer dan koleksi buku-buku. Setelah lelah berinternet mencari bahan-bahan kuliah kita dapat duduk sejenak atau menunggu orang-rang yang sedang memakai internet kita bisa duduk di situ.

Ezones: ada 3 e zone di lantai dua. Ruang satu dengan ruang lainnya dibatasi dengan dinding kaca. Ezone biasa dipakai kalau ada tutorial tentang penggunaan library, internet, dan end-note (SoftWare khusus untuk referencing)

Ask IT desk: pelayanan bagi siapa saja yang bertanya atau mempunyai kesulitan dalam menggunakan komputer atau internet.

Journal display: tempat dimana jurnal-jurnal yang paling baru ditempatkan di situ.

Group AV area:

Tapi ingat ya di library kita nggak boleh ngomong keras-keras, nggak boleh makan, minum boleh tetapi harus dari botol, kangan pula telpon pake hp ya, karena suaranya akan mengganggu para pengunjung yang lain.

 

Lantai ketiga:

Book Collection

Thesis Collection

Group rooms, yang bisa dibooking secara online 2 ukuran kecil, empat ukuran besar (ruang kaca)

 

Lantai keempat:

Journal Collection

Queensland Ornitological Collection

Postgraduate Study Area (area yang betul-betul nyaman dan lapang untuk belajar. Ada meja di sekeliling dinding dan ada meja besar di tengah, beberapa komputer juga tersedia di sini)

Sekian dulu untuk sementara,