Profesional sering diartikan sebagai lawan kata dari Amatir. Dalam konteks olahraga arti itu 100% benar. Dengan itu maka olahragawan yang profesional berarti menggantungkan 100% nafkahnya dari olahraga, berbeda dengan amatir yang berolahraga hanya untuk sambilan. Dalam dunia kerja profesional bisa juga diartikan sebagai pegawai kantoran, sehingga menyebut kata profesional mengacu pada para karyawan kantoran.

Apa sebenarnya arti profesional itu. Profesional dikaitkan dengan occupation atau pekerjaan seseorang. Apapun jenis pekerjaannya maka era profesionalisme (suatu isme – ajaran) sudah sepatutnya didudukkan pada sikap serius dan terus melakukan inovasi pada pekerjaan yang digelutinya. Sudah barang tentu keseriusan ini harus berada dalam koridor fairness dan empowerment of rule of law sehingga orang yang serius dan berdedikasi serta inovatif seharusnya mendapatkan reward yang lebih besar. Mungkinkah karena profesionalisme inilah yang membuat kualitas banyak pekerjaan di Brisbane beberapa tingkat lebih mau dari negara kita. Intin pelayanan umum di Bribane , adalah “melayani kepentingan warga masyarakat dengan sebaik-baiknya”. Untuk itulah mari kita lihat realitas yang ada di Brisbane.

Di Brisbane hampir semua pekerjaan diatur dan dilaksanakan secara profesional. Hal-hal sederhana seperti di bawah ini mungkin sangat sulit kita bayangkan dapat dikelola secara profesional di negeri kita:

1. Pengelolaan sampah

Setiap hari truk-truk sampah yang berwarna hijau dari hari senin sampai jumat hilirmudik dari satu sub-urb (wilayah) ke sub urb lain untuk mengumpulkan sampah. Truk-truk itu biasanya beroperasi ketika lalu lintas masih sepi yaitu antara jam 5 – 8 pagi. Truk warna hijau milik Brisbane City Council (BCC) sangat rapih dan tertutup, sehingga tidak menimbulkan bau dan dijamin sampah tidak akan berceceran ketika dimuat dalam truk.

Warga Brisbane memiliki jadwal (rubbish collection) setiap seminggu sekali. BCC memberikan 2 rubbish bin untuk setiap rumah, warna hijau untuk general waste dan warna kuning untuk recycables. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan truk sampah ini akan menyambangi tiap rumah untuk mengangkut sampah. Jadwal bersifat pasti, menurut pengalaman tidak pernah satu haripun truk sampah ini mangkir dari pekerjaannya (luar biasa).

Satu truk cukup dikawal satu orang driver, karena truk itu memiliki lengan hidraulik yang dapat mengangkat bak sampah lalu mengembalikan ke tempat semula di pinggir jalan. Kalau bin rusak, kita cukup telpon ke brisbane city council, besoknya bin akan diperbaiki atau kalau sudah rusak maka diganti yang baru, tanpa harus membayar satu sen pun.

Iuran sampah di Brisbane tidak ada, karena biaya operasionalnya dimbil dari pajak yang dibayarkan warga Brisbane.

Tempat pembuangan sampah berada di area pantai yaitu di daerah Nudgee Beach. Tempat itu sangat bersih dan rapi, dan yang pasti tidak ada asap, bau busuk atau para pemulung yang mengais-ngais sampah.

2. Penyediaan AirBersih

Menjadi warga brisbane tidak perlu membeli pompa air atau jet pum atau membuat sumur sendiri karena city council telah menyediakan air bersih melalui jaringan pipa di seluruh kota. Walaupun water restriction sudah mencapai level 5 dan hujan tidak turun selama beberapa bulan, air dari keran tetap mengucur sepanjang hari. Air yang keluar dari keran bisa langsung diminum, dan dijamin selalu jernih dan bebas dari bakteri e coli. Selama berada di sini, penulis tidak pernah mengalami pemutusan aliran air. Untuk mengatur penggunaan air, jalur pipa ke rumah diberikan water meter untuk mengontrol penggunaan air. Petugas secara teratur mengechek water meter ini apabila pemakaian berlebih barulah diberikan peringatan. Kalau peringatan pertama dilanggar maka barulah dikenakan denda, yang tagihannya dikirim lewat pos.

3 . Kelestarian alam

Mungkinkah karena merasa berdosa karena sejak kedatangan mereka di benua kangguru ternyata banyak spesies asli yang punah. Warga Brisbane selanjutnya memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan. Jika kita berada di ruang terbuka atau di taman-taman umum maka kita akan menjumpai aneka satwa terutama burung-burung yang dengan bebas berkeliaran. Burung-burung seperti kakak tua, nuri, jalak, perkutut dan banyak lagi sangat bebas padahal kalau di negeri kita pasti sudah berada di sangkar atau mengahadapi resiko ditembak pemburu burung.

Kesadaran ini juga ditunjang dengan etos untuk menjaga kebersihan tempat umum, sehingga walaupun tidak ada peraturan denda membuang sampah, kita tidak akan menjumpai orang yang membuang sampah sembarangan atau meludah di sembarang tempat. Tidak ada alasan untuk itu karena di tiap-tiap pojok pasti tersedia tempat sampah.

Warga juga tidak akan membakar sampah karena asap yang ditimbulkan selain mengganggu juga menimbulkan resiko kebakaran. Selain itu membakar sampah bisa mengundang complain dari tetangga.

Sarana drainase juga diatur dengan baik, kita tidak akan pernah menjumpai selokan yang terbuka dan berbau busuk di Brisbane.

4. Library di mana-mana

Setiap suburb memiliki library dengan koleksi yang cukup upto date dan lumayan banyak. Letaknya punberada di tempat-tempat yang strategis (dekat dengan arena belanja). So, kalau mau menghabiskan waktu untuk belajar librar-lah tempatnya. Ketersediaan library ini cukup bagus dan ditunjang oleh pelayanan yang profesional. Jika kita ingin membayar denda bisa lewat petugas cashier di library. Jangan tanya mengenai library kampus dan State Library yang begitu mewah dan modern, mungkin perlu satu halaman sendiri untuk menguraikannya.

5. Fasilitas umum berupa taman dan ruang terbuka

Sadar bahwa ruangan terbuka itu penting untuk arena bermain, maka hampir di setiap sudut surb-urb disediakan taman yang luasnya lebih lebar dari lapangan sepak bola. Di taman tersebut juga ditumbuhi rumput dan pohon yang rindang, arena bermain anak-anak dan juga pemanas listrik untuk barbeque. Para petugas secara berkala membersihkan taman-taman tersebut, memotong rumput dan dahan-dahan yang tumbuh liar. Yang lebih hebat lagi adalah penyediaan rambu-rambu petunjuk yang sangat informatif.

6. Pelayanan transportasi

Ada tiga moda transportasi yang terintegrasi yaitu ferry atau yang biasa disebut city cat, bus dan kereta api. Cukup membeli satu tiket untuk beberapa zone maka kita akan bisa naik ketiga jenis moda ini. Kelabihan yana ada meliputi Jadwal yang serba pasti, naik turun penumpang dari halte, kondisi bus cukup nyaman dan harga tiket yang murah serta konsesi harga untuk pelajar. Kenyamanan juga untuk para usia lanjut dan penyandang cacat dengan menyediakan tempat khusus di bus untuk mereka dan alat untuk menaikkan kursi roda ke dalam kereta. Bus tidak kebut-kebutan dan emisi bus sangat nyaman sehingga kita tidak akan sesak nafas apabila berjalan si belakang bus.