Pada saat menginjakkan kaki di Brisbane, awal januari tahun 2006 serasa ada yang hilang. Dulu sewaktu di jakarta setiap sabtu dan minggu malam biasanya Bejo menikmati sepakbola terutama dari liga Inggris (English Premier League/EPL) ketika di Brisbane sudah tidak bisa menjumpai liga soccer di tv.

Olahraga yang disiarkan channel 10 yang pertamakali Bejo lihat adalah Football dari liga AFL, semacam permainan bola tangan dengan lapangan berbentuk bulat, cara memasukkan bola ke gawang dengan ditendang bukan dilempar. Tetapi operan dari pemain satu ke pemain yang lain dilakukan dengan cara meninju atau menendang bola. Tidak ada kiper dan gawangnya tinggi banget tanpa jaring. Rasanya aneh sekali melihat permainan itu. Bejo sampai heran, apa menariknya permainan ini sampai-sampai yang datang menonton puluhan ribu. Stadion bulat di Brisbane (The Gabba Stadium) yang biasanya untuk tempat pertandingan klub lokal (Brisbane Lions) selalu penuh.

Bentuk bola lonjong, seperti bola rugby, so ngontrolnya agak susah. Ketika bola dibawa pemain maka setiap beberapa langkah harus dipantulkan ke tanah. Pemain lawan boleh merebut bola pemain lawan dengan cara ditackle (dipegang) sampai pemain lawan jatuh. Jumlah pemain yang ada di lapangan berjumlah 13.

Yang menarik dari permainan ini dari sisi pemain yang bisa mengoper dengan lincah dan menendang bola ke rekan setim jarak jauh. Nah pada saat bola melambung di udara setiap pemain melompat untuk mendapatkan bola. Tidak semua pemain bagus dalam menagkap bola, hanya ada beberapa pemain sangat bagus dalam melompat dan melakukan rebound, antara lain Jonathan Brown dari Brisbane Lions dan Chriss Judd dari West Coast Eagle. Saat tangkapan inilah yang ditunggu-tunggu penonton, begitu pemain tuan rumah yang bisa menangkap bola maka penonton tuan rumah serta merta bersorak dengan gemuruh. Mungkin ada kali ya diantara mereka yang pasang taruhan undian siapa yang bisa menangkap bola.

Ada 16 tim yang berlaga di liga AFL yang disponsori oleh TOYOTA. musim 2007 terakhir yang menjadi juara tim dari Victoria (Geelong). Padahal di tahun sebelumnya (2006) yang waktu itu Wes Coast Eagle yang jadi juara, Geelong kalah telak dari rival-rival mereka dan terperosok ke posisi 10. Saya masih ingat waktu itu Geelong dibabat habis tim collingwood dengan selisih point 100. Beberapa tim yang akrab di telinga adalah Adelaide, Charlton, Essendon, Kangaroos dan Port Adelaide.

Kalau di soccer penggunaan baju singlet masih diributkan, maka di liga AFL baju singlet sudah dipakai sejak jaman baheula semenjak liga pertamakali dimulai. Sampai sekarang kaos tim mereka adalah singlet (mungkin supaya lebih ringan kali ya…)

Aturan permainan di AFL terbilang unik, dan hanya ada di Australia. Pendeknya permainan ini memang khas dan hanya ada di Australia. kalau menengok sejarah ke belakang, permainan ini muncul pada 10 Juli 1858 (http://home.vicnet.net.au/~basiced3/footy/history.html,) ketika
Tom Will menginisiasi pembentukan klub-klub bola di victoria yang lambat laun berkembang menjadi liga. Tahun 1889 Liga V.F.L dimulai dan setelah seratus tahun berjalan pada tahun 1989 liga berubah menjadi AFL sampai sekarang.

Siaran AFL setiap minggu ada dua kali yaitu sabtu malam dan minggu sore.

So, daripada nggak ada soccer football Australia pun jadilah……..

(Saptono Wignyokarsono)