Belajar di University of Queensland adalah pengalaman yang luar biasa. Dengan dukungan fasilitas yang serba modern, kita akan diajak belajar dan berfikir secara kreatif. Bukan hanya perangkat keras, perangkat lunakpun telah dipersiapkan dengan baik untuk mendukung kesuksesan semua students. Tulisan ini akan mengulas gambaran umum mengenai Website UQ.

Tampaknya dukungan fasilitas IT memang sangat kuat dalam bidang ini. Khusus untuk prospective students, website UQ menyediakan beragam informasi yang tentunya sangat berguna. Beberapa contoh informasi mengenai program, faculty, fees, library, subjects (mata kuliah) dll tersedia dan tersaji secara informatif. Khusus mengenai pendaftaran, menu khusus untuk international students (undergraduate maupun postgraduate) tersedia.

Yang membuat kita tertarik untuk melihat lebih dekat website UQ adalah dukungan staf di tiap school yang sangat up-to date dan relevan. Jika kita kirim email ke mereka, maka dengan cepat mereka akan membalasnya secara lengkap dan komprehensif. Jika kita bersikap proaktif mereka juga proaktif. Segala informasi dapat kita tanyakan ke representatif tiap school.

Setiap Faculty atau school memiliki interface yang tergabung dalam website UQ (www.uq.edu.au). Dengan bermodalkan kata kunci(misal, business, engineering, chemical, social science, law dsb) yang kita input di menu “search”, kita akan diarahkan untuk masuk ke school atau faculty yang kita tuju.

Ketika website dibuka, kesan pertama mungkin website UQ ini biasa -biasa saja, tetapi setelah masuk ke dalamnya wah luarr biasa: Yang membuat kita merasa terpuaskan adalah fasilitas id untuk log in ke komputer UQ. Dengan bermodalkan username dan pass word maka kita akan bisa menjelajah ke dalam website UQ yang sangat kaya, padat dan berisi.

Ambil contoh fasilitas my UQ, yaitu portal untuk students yang berisi semua hal yang berhubungan dengan studi mahasiswa yang bersangkutan. My UQ ini isinya terbagi menjadi 4 link yaitu, my Synet yang berisi mulai dari data pribadi, laporan studi, laporan pembayaran fee, daftar nilai, mata kuliah yang diikuti dsb. Library yang bisa menghubungkan kita ke usuran pinjam memeinjam buku library, bisa request, bisa memperpanjang dan juga bisa tahu kapan due date buku yang kita pinjam.

E learning (atau blackboard) berisi portal masing-masing mata kuliah yang kita ikuti. Di sini Lecturer bisa mengisinya dengan handout kuliah, kuiss online, silabus, pengumuman nilai dan juga diskusi antar students mengenai mata kuliah ybs. My contact dan My mail portal seperti yahoo. mail berisi interface untuk kirim email ke siapa saja termasuk ke lecturer. Lewat fasilitas ini kita bisa keep in contact dengan lingkungan akademis secara formal.

Di samping itu begitu kita membuka my UQ maka pengumuman paling up to date dapat kita lihat di situ, misalnya jadwal ujian,wisuda dsn. ada lagi yang menarik dari my Sinet yaitu jadwal kuliah yang customised dalam seminggu, sehingga begitu kita enroll untuk beberapa mata kuliah maka dengan otomatis my sinet akan menampilkannya dalam bentuk tabel. Tentu saja ini memudahkan kita untuk mengetahui apakah diantara kuliah yang kita ikuti ada yang bertabrakan. Untuk enroll atau dropping mata kuliah lewat My Sinet bebas dalam waktu dua minggu semester baru dimulai.