282819630_4d3f9efc94_m.jpg

Well….. di penghujung bulan September memasuki Bulan Oktober 2007, semerbak wangi bunga berwarna jingga hinggap di indra penciuman. Mendadak, pohon-pohon hijau tergantikan oleh dominasi warna jingga. Duniapun menjadi lebih berseri dan indah, apalagi langit Brisbane memasuki awal summer menjadi sangat biru dan jernih. Apakah memang Jacaranda (bukan jejaka dan randa/janda lho…. :>) ini muncul tiba-tiba atau memang disengaja ya gumamku dalam hati.

Ternyata memang pohon ini telah menjadi maskot kota Brisbane, aku nggak begitu ngeh pada awalnya. Kalau di Jepang, ada bunga Sakura, nah di Brisbane ada juga bunga yang tak kalah indahnya yaitu Jacaranda.

Kota Brisbane memiliki reputasi akan populasi jacaranda yang banyak. Apalagi kalau berkeliling ke kampus UQ (University of Queensland) wah pada saat ini (pertengahan Oktober) bunga-bunga berwarna jingga ini pada mekar. Pepohonan ini juga bisa kita jumpai di sepanjang Coronation Drive dan Southbank. Saking cintanya pada bunga ini maka ada pepatah ”aku tak kan mulai belajar untuk exam kalau bunga ini belum mekar” sehingga pohon ini disebut pohon exam. Karena memang final exam akan dimulai pada awal bulam November yang ditandai dengan berseminya Jacaranda.

Menurut cerita wikipedia, The Brisbane City Council, telah memanfaatkan Jacaranda sebagai jalur hijau, dan juga mempercantik area komersial di beberapa tempat khususnya di area sepanjang Brisbane river dan juga New farm. Jacaranda ada di setiap taman, biasanya ditanam di area tepi, selain itu ada juga di beberapa lahan perumahan. Kondisi geografis Brisbane yang berbukit-bukit memungkinkan kita melihat pemandangan kota dan suburb dengan warna jingga cerah dari kejauhan.

Menurut Ross McKinnon, Curator, Brisbane Botanic Gardens, saya kutip dari situs ABC, ketika matahari mulai terbit lebih dini, suhu semakin panas, hanya ada satu tanda sebelum diumumkan secara resmi akan dimulainya musim panas, yaitu berseminya pohon berbunga jingga yaitu Jacaranda. Menurut sejarahnya jacaranda pertama kali ditanam oleh kepala Brisbane Botanic Gardens, Walter Hill, pada tahun 1864, yang ditanam di City Botanic Gardens.

Pohon pertama itu telah tumbang oleh badai pada tahun 1980. Beberapa batang pohonnya masih disimpan, Ross McKinnon masih memiliki beberapa dahannya yang ia simpan di kantornya.

Darimana sebenarnya asal pohon ini? Meskipun telah menjadi dominan di Brisbane ternyata pohon ini berasal dari Brasil lho. Kata Jacaranda sendiri diambil dari bahasa portugis yang artinya memiliki inti yang keras. Ada banyak mitos dan tradisi seputar jacaranda. Menurut legenda amazon, pohon ini diposisikan sebagai pohon ilmu pengetahuan, mungkin karena inilah maka banyak pohon ini yang ditanam di lingkungan universitas.

Mitos ini ceritanya seperti ini: Suatu hari seekor burung yang cantik bernama Mitu, berbulu berak tampak terbang dari arah selatan. Dia membawa seorang pendeta perempuan yang cantik yang diberi nama putri bulan. Mitu hinggap di pucuk pohon jacaranda dan Putri Bulan hidup bersama dengan warga di kampung itu beberapa lama. Putri Bulan mengajarkan ilmu pengetahuan, kebijaksanaan dan juga etika. Sampai akhirnya Mitu mengambil putri bulan kembali bersamaan dengan berseminya pohon jacaranda.

Saking cintanya pada pohon ini bahkan ada pasangan pengantin di Brisbane yang sengaja mengambil timing pernikahan mereka di bulan Oktober, bersamaan dengan berseminya pohon ini.. (BTW warna tulisan ini mirip nggak ya dengan warna bunga Jacaranda hehehe….

http://www.jacarandachambers.com.au/whyjacaranda.html

http://www.abc.net.au/brisbane/stories/s1470000.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Image:BGL_Jacaranda.jpg