queenslanders1.jpg

Wooden Queenslanders sangat sederhana cocok untuk kantong mahasiswa, Pics by zelda Davey at Flickr

contoh-rumah-brisbane-spikebot.jpg

Bentuk unit cluster yang seperti ini biasanya mahal harga rentalnya berkisar 300 – 500 dollar per minggu, source pics: Spikebot at flickr.

apartment-lovebuzz.jpg

Contoh bentuk apartment, lokasinya di Indooropilly, masih terjangkau untuk mahasiswa, foto by: Lovebuzz at flickr

Membayangkan punya rumah sendiri di Brisbane, hmmm betapa enaknya. Jangankan di sini, di Indonesia saja aku tak punya rumah. Apa pasal? (begitu kata orang malaysia bila berkata-kata) karena tak punya uang….. Namun tak apalah membicarakan rumah impian bergaya queenslanders modern … wah pasti sangat enak.
Melihat lebih dekat perumahan di Brisbane membuat kita teringat perumahan di daerah kebayoran baru. Umumnya properti di sini besar-besar. Ukuran rumah besarnya sama dengan perumahan yang tergolong kelas mewah di jakarta (room lebih dari 4). However, untuk keluarga sederhana, pilihan yang pasti adalah tinggal di unit. Ada 3 kategori rumah secara garis besar< House, Unit dan Apartement>.

Kategori penghuni berdasarkan besarnya pendapatan. Golongan menengah (21,600 – 52,000 income per tahun) dan atas (lebih dari 52,000 per tahun) biasanya tinggal di apartment dan perumahan, sedangkan para pekerja yang kelasnya bawah (Low income earner dgn income di bawah 21,600 per tahun) tinggal di unit-unit sempit yang ada di gedung-gedung bertingkat 2 – 5. Masing-masing unit tersebut biasanya terdiri dari satu atau dua kamar tidur. Kalaupun nggak bisa beli maka menyewa adalah opsiyang paling baik. Harga sewa per unit berkisar dari yang paling murah sekitar 170 dollar (unit dgn satu atau dua kamar) sampai dengan 350 (untuk unit 2- 3 kamar tidur), pastinya tergantung dengan kulaitas dan lokasi.

Apa yang membuat properti di Brisbane sangat khas?

pertama: tidak ada sekat yang membatasi antar komplek. bahkan antar rumah pun kadang-kadang tidak memiliki pagar (kecuali rumah yang memiliki anjing harus punya pagar).

kedua: Suasana yang nyaman dan hening. Kita tidak akan pernah menjumpai hiruk pikuk lalu lalang orang berjalan atau nongkrong di pinggir jalan. jarang kita jumpai segerombolan pemuda yang kongkow-kongkow atau orang-orang yang tak jelas yang berkeliaran, (mungkin mereka pada sibuk kali ya….)

Ketiga: harga yang selangit. memiliki keinginan punya rumah di Brisbane adalah dambaan setiap orang di sini. Sebagai kota yang pertumbuhannya pesat, harga rumah pun meningkat dengan cepat (ruarr biasaa…). jangankan harga beli, harga sewa pun meningkat dengan tajam. Sebagai gambaran untuk harga unit sederhana satu atau dua kamar tidur di daerah Toowong, taring dan Indooropilly berkisar antara $200,000 – $250,000. kalau dikonversi ke rupiah dengan kurs 7800 per dollar maka harganya menjadi sekitar 1,56 Milyar – 1.95 Milyar rupiah…… wuahhh muahal buanget.

Keempat: Kombinasi yang seimbang antara lahan terbuka dan perumahan. Membangun kawasan perumahan berarti pula membangun fasilitas umum di kawasan tersebut. Alhasil, kita tidak sulit menjumpai fasilitas umum yang boleh dikatakan sangat memadai seperti taman, sarana olahraga, arena barbeque, bahkan toilet umum sekalipun yang memang sangat bersih dan nyaman.

kelima: karena faktor harga inilah maka membuat kawasan perumahan semakin jauh meninggalkan pusat kota. Dengan demikian maka area-area sub urb tumbuh menjadi pusat keramaian baru. Tengok misalnya kawasan Logan, Sunshine Coast, Kawana, atau daerah Wellington Point. Kawasan Gold Coast dikecualikan karena daerah ini memang daerah resort yang kualitas propertinya terhitung di atas rata-rata.

Keenam Perumahan yang didukung pusat belanja. Masing-masing sub-urb memiliki kawasan belanja yang besar kecilnya disesuaikan dengan jumlah penduduknya. contoh di western suburb (Taringa, Indooropilly, Graceville, Kenmore, Toowong dsb)

Ketujuh: Wooden house dan Brick type house. Ada dua kategori style rumah di sini yaitu yang bergaya queenslander dan modern. bahkan ada pula yang membangun rumah baru dengan sentuhan queenslanders (wooden house – panggung) tetapi desainnya maupun interiornya sangat modern.

Kedelapan: umumnya interiornya dengan lantai dari kayu yang diperhalus dan karpet. kamar mandi pasti dilengkapi dengan shower yang lengkap dengan fasilitas air panas. jendela umunya sangat lebar, kaca tembus padang tanpa teralis, penutupnya memakai blind atau gorden.

Contoh Property:

Rumah dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 carport, dengan luas 150M2, 201m2 di kawasan 5 km dari city (east Brisbane) harganya$680,000 to $745,000 atau sekitar 5.3 M – 5.8M hayo siapa yang kuat dengan harga segitu…..?