Issue mengenai Hukum Kerahasiaan Data

Seringkali database atau file komputer pemerintah dapat digunakan untuk mengidentifikasi populasi dan memilih sampel. Anda harus yakin bahwa data yang diambil akurat, handal, dan dapat diakses, dan yang penting juga adalah memiliki izin untuk menarik sample. Hukum kerahasiaan data mengharuskan kita untuk mendapatkan persetujuan dari departemen yang diperiksa.

Lanjutan mengenai ukuran sample

Masih mengenai sample, pembatasan yang praktis sering menjadi kunci utama penentuan sample. Ukuran sample antara 50 – 100 seharusnya dapat menjamin bahwa hasilnya nanti cukup bisa diandalkan untuk berbagai tujuan. Meskipun dalam hal tertentu sample berjumlah 30 sudah dianggap cukup. Sample yang lebih kecil daripada 30 hanya masuk dalam kriteria khusus dimana inferensi statistik untuk populasi tidak dapat dibuat.

Keputusan mengenai desain sample dan metodologinya harus didiskusikan oleh semua pihak yang terlibat untuk menjamin adanya kesepakatan semua tahapan audit dan untuk menghindari masalah dalam penyelesaian audit.

Tabel di bawah ini menunjukkan ukuran sample yang diperlukan untuk mendapatkan akurasi yang bergantung pada proporsi populasi menggunakan random sampling sederhana. Sebagai contoh, untuk 5% presisi dengan proporsi populasi 70% maka ukuran sample 323 diperlukan untuk mendapatkan tingkat keyakinan sebesar 95%.


http://www.nao.org.uk/publications/Samplingguide.pdf