rudd_howard.jpg

Kevin Rudd dan John Howard (AFP-Getty Images)

Membandingkan dua tokoh Australia, John Howard incumbent Prime Minister yang telah berkuasa selama sebelas tahun dan ingin memperpanjang karir politiknya sebagai Prime Minister untuk periode kelima, berusia 68 tahun. Kevin Rudd, ketua partai buruh (Labor Party) masih berusia 50 tahun, penantang serius untuk posisi Perdana menteri di pemilihan umum parlemen 24 November 07 mendatang.

Pemenang pemilu parlemen bisa dipastikan akan memerintah Australia dan pimpinan partai akan menjadi Perdana Menteri. Pemilu diadakan tiap tiga tahun sekali.

Kedua tokoh ini sama-sama brilian, bedanya Howard mewakili generasi Oldies bahkan kakek-kakek sementara Kevin Rudd mewakili at least generasi muda ….Kata-kata mereka mengalir dengan lancar bahkan hampir tanpa jeda, menunjukkan betapa mumpuni mereka berdua du panggung politik Australia. Mereka juga dapat menguraikan kebijakan ekonomi, perpajakan, hubungan industrial, famili, kebijakan luar negeri dan lain-lain dengan sangat lancar dan brilian.

Menarik untuk disimak, debat pertama mereka yang disiarkan ABC TV hari minggu tanggal 21 Oktober 07 di Press Club Australia. Suatu Club yang sanagt bergengsi dimana hanya tokoh-tokoh terkemuka yang bisa berbicara di arena itu. Hadir sebagai panelis beberapa empat tokoh pers terkemuka seperti: Kieran Gilbert, Marian Wilkinson dari The Sydney Morning Herald’s, Brad Norington dari The Australian’s dan Kerry-Anne Walsh dari Sun-Herald’s serta Alan Pease ahli Body language. Sementara itu yang jadi moderator adalah David Speers, jurnalis dari Sky News.

Dalam uraian yang ditulis Gemma Daley dari Bloomberg, Howard berjanji akan mempertahankan ekonomi yang kuat , memperbanyak belanja untuk keluarga yang berjuang menhadapi tekanan keuangan akibat naiknya biaya child care dan naiknya harga bahan bakar. Sementara itu Rudd akan melakukan revolusi pendidikan untuik keluarga dan kebijakan lingkungan yang lebih kuat.

Dalam uraian yang dibagi dalam 3 garis besar yaitu Hubungan Luar negeri, Ekonomi dan perpajakan. Rudd berjanji menarik mundur pasukan Australia tahun depan, meratifikasi Protocol Kyoto mengenai Perubahan Iklim dan menarik kembali kekuasaan dari Union (Serikat Buruh) mengenai posisi tawar upah. Rudd membutuhkan tambahan 16 kursi diantara 150 kursi parlemen untuk menang.

Tampaknya Howard, walaupun mengalami kekalahan dalam debat namun prestasinya dalam mengelola ekonomi patut diacungi jempol dimana ekonomi Australia mengalami ekspansi dalam 16 tahun dan tingkat pengangguran paling rendah dalam 33 tahun terakhir. Inilah yang disebut Howard sebagai strong economy. Namun suku bunga naik 5 kali sejak Pemilu 2004 ketika Howard berjanji akan mempertahankan suku bunga pada tingkat rendah.

Howard mencatat prestasi ekonominya dengan, dengan pemotongan pajak penghasilan sebesar A$115 Milyar, Ekonomi tumbuh tiap tahun sejak dia berkuasa dan indeks sahan naik hampir 3 kali lipat. Howard juga mengingatkan bahwa pada saat labor berkuasa 1983 – 1996 suku bunga sangat tinggi, terhadap hal ini Rudd hanya berkomentar mari belajar dari kesalahan masa lalu.

Howard berjanji mengurangi pajak sebesar A$34 Milyar dalam tiga tahun dalam situasi inflasi dan menekan suku bunga. Sementara itu Rudd mengumumkan pengurangan pajak sebesar A$31 Milyar 19 Oktober lalu, rencana yang mirip dengan pemerintahan koalisi Howard, dengan tujuan untuk memberi kesempatan bagi golongan berpendapatan rendah untuk beinvestasi melalui teknologi dan pendidikan lewat penyediaan fasilitas internet di seluruh Australia dan juga rabat pembelian laptop

Dari TheAge.com, para pengamat mengatakan bahwa debat selama 90 menit tersebut dimenangkan oleh Kevin Rudd. Sebagian besar panelis mengatakan Rudd lebih singkat dan padat serta pesannya lebih jelas daripada Howard. Rudd juga kuat dalam masalah iklim dan rekonsiliasi (sejarah dengan Aborigin) namun kadang bertindak negatif dan bertahan.

Berdasarkan Nine Network’s controversial “worm”, Rudd memenangkan debat dengan 65 % dibanding Howard yang memperoleh 29%. Yang unik dari debat ini adalah adanya tampilan worm pada saat peserta debat berbicara, kalau worm ini berada di atas garis berarti respon yang diperoleh positif. Sebaliknya jika berada di bawah garis dan warnanya berubah menjadi merah maka respon berarti negatif. Ahli Bahasa dari University of Melbourne Wendy Allen memberikan kemenangan kepada Rudd karena dia kelihatan lebih positif dan meyakinkan.

Akankah Howard menang lagi dalam pemilu mendatang sama seperti ketika dia kalah debat melawan Kim Beazley namun menang dalam Pemilu.??

Source:

http://www.bloomberg.com/apps/news?pid=20601081&sid=aJ73gdrGJCTo&refer=australia

http://www.theage.com.au/news/National/Howard-Rudd-face-off-in-election-debate/2007/10/21/1192940904527.html