kartu.jpg

Pernahkah anda membayangkan betapa mahalnya berkomunikasi dengan keluarga dan orang-orang yang kita cintai kita kita jauh berada di negeri seberang.

Ternyata pikiran seperti itu seketika sirna ketika mengetahui adanya calling card. Calling card adalah fasilitas kartu panggil dengan memakai teknologi VO IP. Cara pemakainnya mudah dan murah bahkan lebih murah dibanding telpon dari Indonesia ke luar negeri.

Dengan memencet “dial” 8 digit nomor akses dari telpon rumah bisa juga dari telpon umum (nomor digit setiap kota berbeda-beda), disusul dengan 12 digit no account dan disusul kode negara, wilayah dan no telp kita bisa bicara bermenit-menit bahkan berjam-jam dengan biaya kurang dari 100 ribu rupiah.

Meskipun banyak provider kartu yang menyediakan fasilitas ini, saat ini, untuk koneksi ke nomor telpon lokal di Jakarta, kartu panggil yang paling murah adalah asia 234 dari 1worldtelecom. Dengan harga $10 kita bisa telpon pada jam non sibuk selama 1000 menit atau 16,6 jam, walaupun realitanya karena terpotong sana sini menjadi sekitar 600-an menit (10 jam) tetapi kartu ini tetap paling murah. Selain itu kualitas suaranya juga bagus.

Kartu yang lain masih dari provider yang sama adalah be happy dan sunshine card dengan tarif yang berbeda untuk masing-masing kota tujuan ke Indonesia. Menurut pengalaman kartu pribadi, kartu Be Happy lebih murah jika dipakai untuk sambungan ke Surabaya dan Bandung dan hitungan pemakaiannya per empat menit. Sedangkan untuk Sunshine card, tarifnya hampir sama dengan kartu asia.

Satu tips penggunaan calling card ini, yaitu jika sekali kita call suara dari seberang kurang jelas, kita bisa ulangi lagi dengan dial *0, maka dijamin suaranya dari seberang lautan sana lebih jelas. Dengan men”dial” kode ini kita nggak terkena tambahan biaya call karena masih dianggap satu sambungan telpon.

Hal lain yang membuat biaya telpon lebih murah karena sistem residential phone di australia tidak mengenal berapa lama kita pekai telpon, tetapi berapa kali kita dial untuk memulai sambungan. Jadi besarnya tagihan hanya dihitung dari berapa kali kita dial plus biaya abonemen. Untuk, provider telstra abonemen per bulan sekitar 26 dollar dan biaya per dial sekitar 25 cents. Kalau kita tinggalnya di sharing house maka biaya abonemen dapat kita sharing, biaya per call 25 cents ini terhitung lebih murah jika dibanding call dari telpon umum yang 50 cents per call.

Kartu ini mudah didapatkan karena di Brisbane ada beberapa yang menjualnya. Selain itu kartu ini juga bisa didapat di convenience store dan kedai-kedai yang menjual makanan Indonesia.