Jangan salah sangka ya….. “kuning” di sini It refers to one of the races who exists in this lonely planet. Yang aku maksud “kuning” adalah ras asia entah itu dari RRC, Korea, Jepang dan lain -lain  ras kuning seperti Taiwan, Singapore even Malaysia. menengok ke kampus UQ, khususnya di jurusan Commerce, walaupun berada di Aussi, kita akan sangat langka melihat para bule. Kebanyakan yang mengisi ruang kuliah adalah teman-teman dari ras kuning, yang kebanyakan dari RRC.

Pernah aku coba menghitung jumlah teman “kuning” ini dalam satu kelas. Fantastis … jumlahnya sekitar 90%…. Cuman masalahnya aku nggak bisa membedakan mana yang dari China, Korea etawa Jepang. Namun sayup-sayup di keramaian kelas…. yang paling mendominasi bunyi adalah bahasa mandarin, selanjutnya bahasa canton…….. Yang pake bahasa Inggris bisa dihitung dengan jari. Dan yang paling parah adalah ketika ada yang nanya ke aku: Do you speak mandarin??

Dengan fenomena ini, bagi siapa saja yang masuk jurusan commerce.. siap-siap saja kalao bahasa Inggrisnya nggak berkembang karena memang jarang dipake. Juga bersiaplah untuk belajar bahasa mandarin, siapa tahu dengan mengetahui bahasa ini relasi akan bertambah…. tidak jarang lho mereka yang asalnya dari China …….. dari kalangan anak Pengusaha.

Apa yang bisa anda perbuat dengan wabah ini: kalau tujuan anda selain belajar juga pengin supaya bahasa inggrisnya bagus, maka cobalah pilih teman or berusaha akrab dengan orang bule. Dalam satu kesempatan, misalnya pas ngerjain assignment, anda bisa approach ke orang bule…. Anda juga bisa mencari kawan, misalnya saja cari kerjaan yang mayoritas pekerjanya orang bule, berada di lingkungan orang Bule membuat anda “latah” tapi itu bagus .. minimal untuk memperlancar lidah…….