Lanjutan dari posting sebelumnya…..

Bisakah seseorang memperlambat pemanasan global? jelas bisa…. bersama dengan para ilmuwan, pengusaha dan pemerintah, kita bisa membuat jalan untuk mengurangi emisi karbon. Ide-ide ini adalah yang terbaik di planet bumi:

5. mengenakan pajak karbon

Bryan Walsh

Setiap orang setuju mengenai pentingnya untuk mengurangi emisi karbon di seluruh dunia. Hanya ada sedikit kesepakatan tentang bagaimana negara-negara di dunia harus melakukan sesuatu untuk mencapai kondisi bumi yang bebas dari karbon. Sistem ini disebut cap and trade program. Dengan mengenakan pajak karbon maka industri dikenai pajak berdasarkan jumlah emisi karbon mereka. Perusahaan yang menjaga emisi mereka di bawah limit masih dapat menjual sisa “allowance” di pasar karbon, sementara perusahaan yang melampaui batasan emisi harus membeli kredit di pasar tersebut.

Pajak atas karbon bersifat langsung: satu set tarif pajak dapat dikenakan terhadap segala jenis konsumsi karbon (pajak konsumsi… kalau di Australia mirip dgn GST tax). Jenis konsumsi karbon misalnya, pembangkit listrik dengan bahan bakar minyak dan memakai kendaraan berbahan bakar bensin, ide ini untuk menaikkan harga yang ujungnya untuk menjaga agar konsumsi bahan bakar berbasis karbon rendah. Pajak ini merupakan tulang punggung Kyoto Protocol dan membuat Amerika dapat mengurangi hujan asam di era 90-an.

Para pendukung pajak ini berpendapat bahwa cap and trade, khususnya yang bersifat global akan cukup mampu untuk mengatasi 8 milyar ton emisi karbon dunia. Walaupun demikian pajak ini juga akan lebih sulit untuk diatur dan mudah dipermainkan industri. Tarif pajak ini tidak proporsional khususnya bagi sektor rumah tangga, dimana pengenaan pajak untuk rumah tangga berpenghasilan rendah yang proporsi pendapatan mereka lebih banyak terserap untuk membeli energi akan lebih kecil daripada keluarga kaya.

10% pajak karon akan mengurangi permintaan sebanyak 5%, menurut pada analis di Carbon Tax Center, kelompok lingkungan hidup.

6. Ubah Ukuran rumah

Bryan Walsh

Rumah berukuran besar (Mansion) bukan saja secara arsitektur mahal; rumah jenis itu juga membutuhkan lebih banyak energi untuk memanaskan dan mendinginkan dibanding dengan yang berukuran kecil. Di U.S., rumah besar telah menjadi trend, walaupun rumah yang kecil yang tidak efisien akan mengkonsumsi energi lebih sedikit daripada rumah besar yang dikatakan ramah lingkungan. Tipikal rumah keluarga di U.S. sekarang berukuran luas2,500 feet persegi, sementara tahun 1950 berukuran 1,000 feet persegi, walaupun ukuran rumah tangga mengecil dari 3,4 menjadi 2,6 orang per rumah.

7. Gantung pakaian anda di tali Jemuran

Bryan Walsh

Anda bisa saja memakai pakaian yang dibuat dari 100% kapas organik, tetapi kualitas pakaian anda dari sisi lingkungan ditentukan oleh cara anda mencuci. Studi yang paling mutakhir dari Cambridge University’s Institute of Manufacturing menemukan bahwa 60% energi berkaitan dengan proses mencuci dan mengeringkan pakaian anda. Sepanjang masa pakainya, sebuah t shirt akan mengeluarkan 9 lbs karbon dioksida ke udara.

Solusinya bukan dengan menghindari laundri, tetapi merubah cara mencuci, misalnya daripada menggunakan air panas maka gunakan air dingin, dan menumpuk pakaian dalam jumlah banyak dulu setelah itu baru dicuci. Anda juga harus menggunakan mesin yang efisien dalam menggunakan energi. Setelah mencuci maka jemur pakaian anda di bawah matahari daripada menggunakan mesin pengering. Kombinasi cara ini akan mengurangi Co2 yang dihasilkan laundri sebesar 90%.

source: time