Semenjak Bejo sekolah di kampung, saat-saat yang paling ia tunggu adalah menunggu orang tuanya pulang. Lebaran adalah hari wajib pulang bagi kedua orang tuanya. Dalam setahun itu ratusan demi ratusan, ribuan demi ribuan uang dikumpulkan dari warung di celebes. Sampai akhirnya uang itu cukup untuk beli tiket dan oleh-oleh untuk anak-anak di kampung.

Apa yang membuat Bejo kecil begitu gembira kalau Bapak dan Simboknya pulang. Tak lain karena Bejo sangat kangen. Wajar saja namanya anak masih kecil yang ditinggal merantau. Waktu setahun adalah waktu yang sangat lama baginya. Menjelang saat lebaran, setiap sore menjelang maghrib Bejo duduk di pinggiran pagar depan rumah pandangannnya diarahkan ke barat menunggu kalau-kalau ada mobil carteran atau becak yang mengangkut ortunya.

Kadang-kadang ada satu atau dua mobil yang lewat tetapi ternyata tetangga sebelah yang datang. Sampai akhirnya Bejo tertidur dan tiba-tia ia dibangunkan kakaknya, “le simbok wis teko”. Buruan Bejo lari ke pintu menyambut kedua orang tuanya.

“Horeee simbok wis teko”……. wuihhh betapa gembiranya Bejo. Bejo dengan gembira menenteng barang bawaan dari Celebes yang jumlahnya banyak banget, Simbok menciumi anaknya (si Bejo kecil) yang sudah setahun ini ditinggalkannya.

“Bapak dan simbok pasti bawa oleh-oleh yang enak”, begitu pikirnya. Dan ketika bungkusan dan kardus dibuka, benar adanya di situ ada bandeng goreng, empal, bakso, abon, kue-kue, gula teh dan kopi, jeruk , apel dan sebagainya. Pokoke wareg deh….. sehari Bejo bisa makan 4 sampai lima kali. Makanan yang paling ia sukai, bandeng goreng. Kata simbok “Kuwi tak gawakke iwak bolu kesenanganmu”.

Bukan hanya itu saja, uang untuk jajan buat lebaran nanti pasti banyak. Terus besok harinya simbok Bejo pasti ngajak belanja baju baru ke pasar Lengking. Itulah saat-saat yang ditungu-tunggu Bejo kecil. “Uang banyak dan baju baru”

Sesampai di rumah, waktu itu listrik belum ada, mereka ngobrol apa saja, bercerita mengenai apa saja sampai malam hingga mengantuk lalu tertidur.

sapkecil.jpg

The  picture of me when I was 3 years old. This photo was taken in 1981.