Masa lalu adalah hal yang sangat berharga untuk masa depan. Kesalahan di masa lalu sebagai pijakan kita untuk memperbaiki di masa depan. Kesalahan nggak akan kita sadari sampai waktu berlalu. Kesalahan akan mengingatkan kepada kita untuk tidak mengulanginya lagi, membuat kita bersemangat untuk berbuat yang lebih baik di masa mendatang.

Beberapa hari lalu ada questioner dari  dosen statistik. Ada beberapa pertanyaan di questioner itu yang mencoba menggali pola belajar mahasiswa antara lain:

1. Apakah anda menumpuk materi, baru kemudian anda membacanya ketika menjelang exam?

2. Apakah anda bertanya kepada dosen hal-hal yang anda nggak ketahui?

3. Apakah anda memanfaatkan waktu yang diberikan dosen dan tutor untuk berkonsultasi?

4. Berapa kali anda bertanya ke dosen pada saat jeda waktu kuliah?

5. Apakah anda membaca kembali materi setelah usai kuliah?

6. Apakah anda berusaha mendiskusikan materi dengan teman anda?

7. Apakah anda mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan petunjuk dosen (20 jam di luar jam kuliah)?

8. Apakah anda mencoba menggali lebih dalam mengenai materi kuliah dengan dengan jurnal-jurnal dan buku-buku pendamping yang relevan?

9. Apakah apresiasi anda terhadap subjek yang anda pelajari sekarang lebih besar daripada hal yang lain?

10. dan lain-lain

Setelah aku perhatikan cheklcit di atas, dari skala 1 -5, 1 berarti tidak setuju, 5 berarti sangat-sangat setuju. Aku berada di area 1 dan 2. Whatta poor I was.  Kalau udah tahu begini, apa yang membuat belajar anda lebih baik? Sesuai dengan pengalamanku, yang ada di skala satu dan dua, maka mulailah dari sekarang dan  dari diri untuk memperbaikinya ke skala 4 dan 5. Dengan ini dijamin dech anda akan lebih berhasil.