global-warming.jpg

Lanjutan dari posting sebelumnya…..

8. Menjebak karbon

Peter Gumbel

Batu bara merupakan bahan bakar paling kotor dan menjadi sumber utama polusi karbondioksida di dunia. Di U.S. setengah dari listrik dibangkitkan dari energi batubara. Bagaimana cara mereduksi emisi karbon dioksida dari pembangkit listrik tanpa harus menghentikan operasinya? Caranya dengan memompa asapnya ke dalam tanah.

Istilah itu disebut carbon sequestration, yaitu mengalihkan limbah dari atmosfer ke jauh di kedalaman bumi. Ide ini kelihatannya bagus dan layak difikirkan para ilmuwan, pemerintah dan perusahaan energi sebagai cara untuk mengurangi emisi tanpa harus mengganggu suplai energi. Salah satu pembangkit di Denmark telah bekerja untuk menjebak asap dari emisi pembangkit ke dalam empat titik. Termasuk juga di tambang minyak lepas pantai di Spanyol. Dalam percobaan terakhir yang paling besar, perusahaan energi di Swedia telah menyuntikkan 2 juta ton Co2 per tahun dari lapangan gas Sleipner ke dalam menguji cara baru untuk mengekstrak karbon dioksida murni dari emisi batubara ke dalam aquiver di bawah laur utara. Walaupun demikian International Energy Agency (IEA) mengatakan bahwa pilihan tersebut nampaknya menjadi pilihan kedua setelah pemanfaatan renewable energy.

Ada dua kendala utama menyangkut biaya dan masih rendahnya teknologi untuk itu. Untuk mengubur karbon paling tidak dibutuhkan $50 yang seharusnya bisa berkurang kalau teknologinya semakin maju.

9. Memperpendek jarak dari rumah ke tempat kerja

Coco Masters

Hanya ada satu cara agar waktu tidak banyak terbuang percuma dan sekaligus menekan emisi gas buang knalpot. Bayangkan jika kantor anda jauh dari rumah dan membutuhkan waktu berjam-jam ke tempat kerja. Jika anda memakai kendaraan pribadi maka coba hitung berapa uang dan juga polusi yang anda hasilkan?

Konsep ini disebut proximite commuting. Konsep ini sangat berhasil untuk perusahaan yang berada di beberapa lokasi di beberapa tempat. Gene Mullins, salah satu perusahaan software si Seattle telah membuat program yang dapat membantu memperpendek jarak ke tempat kerja dengan menempatkan pegawai ke kantor yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

Mullins juga mempelajari para pekerja commuter (istilahnya ngelaju – karena jarak tempat tinggal dan tempat kerja jauh sekali) di beberapa perusahaan seperti Starbucks, Keybank, Boeing dan paling akhir Dinas Pemadam Kebakaran kota Seattle. Dia menemukan bahwa hanya ada 4% pekerja pemadam yang tinggal dekat dengan rumah. Beberapa commuter malah tinggal lebih dari 145 mile. Dengan menggunakan program yang dirancang Mullin Key bank berhasil mengurangi para pekerja commuter sampai 69%. Siapa saja pasti menginkan waktunya tidak terbuang percuma di jalan, ya nggak??

10. Naik Bus

Bryan Walsh

Sama seperti program Busway di Jakarta yang bertujuan untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Menggunakan bus daripada kendaraan pribadi akan mengurangi emisi gas buang. Sektor transportasi di US menyumbang lebih dari 30% total emisi karbon. Transportasi publik dapat menghemat 1.4 milyar gallon per tahun yang setara dengan 14 juta ton Co2, kata American Public Transportation Association.

Namun sayangnya, 88% total perjalanan si U.S dilakukan dengan menggunakan mobil. Hal ini karena fasilitas kendaraan umum hanya tersedia di kota-kota besar. Satu ide yang menjanjikan adalah Bus rapid Transit (BRT), yang bentuknya berupa bis panjang (Bus gandeng). Bus memang mengasilkan karbon yang lebih tinggi daripada kereta, tetapi hal ini dapat dimimalkan dengan menggunakan teknologi Hybrid atau juga mesin yang menggunakan gas alam yang dikompresi. Suatu studi tahun lalu oleh Breakthrough Technologies Institute menemukan bahwa BRT di kota-kota berukuran sedang di US dapat mengurangi emisi karbon sebesar 654,000 ton dalam jangka waktu 20 tahun.

Dengan naiknya harga minyak maka laju per mile para pengendara menurun sejak 2005 untuk pertama kali sejak 1980 (Pew Research Center). Bersiaplah untuk mengganti kendaraan pribadi anda dengan bus.

11. Pindah ke gedung tinggi

Bryan Walsh

Jika anda pecinta lingkungan sejati, anda pasti bisa merasakan efisiensi gedung-gedung tinggi daripada rumah-rumah di atas tanah.

Bayangkan jika populasi yang tinggal saling berjauhan dan di rumah-rumah mandiri, maka anda akan bisa merasakan betapa efisiensinya jika orang-orang ini dikumpulkan dalam beberapa blok gedung. Efeknya, penggunaan mobil jadi berkurang karena orang nggak perlu jalan jauh untuk bekerja dan belanja. Cara ini lebih efisien bahkan dibanding dengan kendaraan hybrid sekalipun.

The Big apple adalah rumah bagi penduduk yang paling cinta lingkungan di U.S. Di tempat (di new york) ini sangat jarang penduduknya yang memiliki mobil. Mereka mengandalkan jalan kaki, naik sepeda atau menggunakan transportasi publik ke tempat kerja.

12. Bayar tagihan anda secara online (hemat kertas)

Maryanne Murray Buechner

Mengurangi jejak kertas anda dengan membayar tagihan secara online lebih dari sekedar menyelamatkan pepohonan. Cara ini juga membantu mengurangi konsumsi energi dari truk dan pesawat yang mengangukut kertas-kertas itu. Cara ini akan mengurangi sampah padar sebesar 1.6 milyar per tahun dan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 2.1 juta (Javelin Strategy & Research)

Jika anda takut akan keamanan fasilitas online dalam bertransaksi maka jangan hiraukan berbagai email yang mencurigakan. Cara yang bisa ditempuh juga berupa, ketika pegawai anda menerima cek pembayaran gaji maka sarankanlah supaya langsung menyimpannya ke dalam rekening pada hari itu juga. Dengan demikian cara ini akan mengurangi waktu untuk bolak balik ke bank.


13. Buka jendela

Carolyn Sayre

Emisi Co2 sebesar 25 ton dari setiap warga Amerika berasal dari rumah. Di rumah, ada bberapa cara untuk mengurangi emisi karbon. Pertamamembuka jendela daripada menyalakan AC. Pada saat musim panas hematlah penggunaan energi dengan mengatur suhu AC. Kedua, guanakan mesin pencuci piring ketika piring sudah menumpuk (asumsinya anda punya piring banyak… he he, kalau nggak maka cara ini nggak bisa jalan.). Ketiga, pasanglah shower yang aliran airnya kecil. Keempat sucilah pakaian anda dengan air yang biasa (bukan air panas). Kalau anda pakai cara ini maka jangan heran kalau nanti tagihan listrik anda akan berkurang.

14. Periksa label

Coco Masters

Ketika membeli kendaraan, tidak ada salahnya jika andat tahu penggunaan gas per mile. Kenapa tidakm jika kita melakukan hal yang sama dalam memilih oven atau barang-barang lain atau bahkan dalam memilih hotel. Biasanya di label barang elektronik adal label energy star, suatu sistem rating dari Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency). Label ini membantu anda dalam memilih mesin elektronik yang irit penggunaan energi. Dengan memperhatikan label ini sungguh akan mengurangi konsumsi energi sebesar 35%.