Taxpayers’s money adalah uang yang dibayarkan wajib pajak ke kantong pemerintah. Selain dari sumber lain yang berupa PNBP lainnya seperti  hasil bagi hasil tambang dan bagian Pemerintah dari Laba BUMN. Kisaran prosentase pajak dari total penerimaan negara saat ini sekitar 20%.

Kalau di Luar negeri, sekecil apapun yang melibatkan penyimpangan, korupsi, dan penyalahgunaan uang negara akan selalu dihubungkan dengan taxpayers’ money ini karena sebagian besar dana pemerintah diperoleh dari sini. So kritik atas penyelewengan dana pemerintah ini akan selalu anolog dengan penyelewengan taxpayers’ money.

Mengapa saya mengangkat topik ini? Simpel saja karena berkaitan dengan amanah rakyat yang banyak dicederai oleh sebagian besar penyelenggara negara ini, baik dari tingkat pusat maupun daerah. Apa yang salah ya?
Kalau mau mengkaitkan dengan yang besar tentu saja fikiran kita akan langsung mengarah ke kasus korupsi besar-besaran di negeri ini. Hal yang lain juga terkait dengan pelaksanaan anggaran yang ternyata tidak pro rakyat, tengok saja misalnya prosentase anggaran  pendidikan 20% ternyata tidak membuat biaya SPP di perguruan tinggi menjadi turun.

Untuk skala kecil, amanah dari para taxpayers sebaiknya perlu dijawab dengan satu kata yaitu profesionalisme. Kata ini terkait dengan komitmen yaitu kepada siapa kita harus loyal dan bagaimana kita menjaga amanah itu terjaga dengan baik. Profesional dan loyal dengan ini tidak lain adalah profesionalnya  sekitar 4 juta pegawai negeri yang dimana pendapatan mereka mereka berasal dari taxpayers’ ini.

Profesional secara sederhana harus diwujudkan dengan pola fikir yang menjunjung fairnes dalam pekerjaan. “Sungguh ironis jika masih terjadi situasi dimana untuk membayar pajak saja harus antri berjam-jam, atau masyarakat pembayar pajak harus membayar pungli untuk pelayanan yang seharusnya gratis dan cepat” Atau dalam situasi lain, pegawai negeri yang kerjanya lambat, banyak ngobrol dan pekerjaannya nggak cepat selesai. Pendek kata kalau era profesionalisme ini ditegakkan maka rasionalisasi adalah metode yang tidak dihindarkan untuk mengganti dan mengisi job-job di sektor pemerintahan ini agar birokrasi lebih efisien dan efektif.

Dengan demikian mudah-mudahan pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan terbalas sempurna melalui cara-cara yang amanah dan santun dari para pegawai negeri ini. Sekian…….