Kata-kata yang kita ucapkan maupun yang kita  tuliskan pada hakekatnya bukanlah sampah. Mengapa bukan sampah? karena kata-kata itu akan selalu berguna, walau tidak untuk sekarang dapat juga didaur ulang untuk masa yang akan datang. Setiap kata yang terucap akan terekam dalam memori kita maupun memori orang lain yang mendengarnya. Setiap kata dalam tulisan kita akan selalu diingat oleh siapa yang membacanya.  

Jika tidak ada kata yang sampah maka mari kita coba untuk mendokumensikannya ke dalam tulisan. Jika kata-kata yang terucap akan mudah dilupakan maka jika ditampilkan dalam tulisan akan selalu dapat diulang. Kata-kata yang dituliskan pada hakekatnya memiliki beberapa manfaat antara lain:

1. Sebagai alat yang dapat membuat kita konsisten. Tulisan adalah cerminan konsep berfikir kita. Apappun yang kita tuliskan walaupun beberapa berupa kutipan ataupun bersumber dari tulisan orang lain pada hakekatnya adalah padangan kita tentang suatu hal. Jika dikaitkan dengan relevansi sekarang maka kita akan dapat menarik garis ke belakang tentang konsep yang kita yakini benar.

2. Melatih diri untuk berfikir secara konstruktif.  Banyak orang yang bisa berucap tentang banyak hal. namun sedikit yang dapat menyampaikannya dengan terstruktur. Tulisan adalah media yang dapat mengajak untuk berfikir secara konstruktif  dengan kaidah-kaidah tertentu yang teratur (pola EYD, deduktif, daftar pustaka, kalimat efektif dsb).

3. Melatih diri untuk menjadi analis. Analis adalah orang yang bisa menghubungkan suatu hal dengan fakta lain yang bisa sama yang akhirnya menjadi analogi dan bisa juga berbeda yang dapat dijadikans ebagai suatu perbandingan. Analisa dapat juga dikaitkan dengan perbandingan antar masa dengan melihat fakta sekarang dengan apa yang sebelumnya pernah dinyatakan seseorang atau pernah terjadi.

4. Mengungkapkan melalui media tulisan membuat orang dapat berfikir secara trategis. Pola strategis ini berguna untuk berdialog dan merencanakan sesuatu. Berfikir strategis akan lebih mudah dilakukan  jika kita membuat peta kondisi dan fakta lalu menguraikannya untuk dicarikan jalan pemecahannya.

Karena manfaatnya banyak maka pendek kata tulisan akan lebih berdaya guna untuk membuat kita menjadi lebih berdaya guna. Satu hal yang perlu menjadi point kita adalah membuat diri kita menjadi lebih berkualitas dalam cara berfikir sehcara logis dan ilmiah.